how to make something
Belajar
aktif atau Learning by Doing merupakan teori Dewey by Doing (1859-1952). Dewey
merupakan pendiri Dewey School yang menerapkan prinsip-prinsip “Learning by
Doing”, yaitu bahwa anak didik perlu terlibat dalam proses belajar secara
langsung/praktek. Dari rasa keingintahuan anak didik terhadap sesuatu yang
belum diketahuinya mendorong keterlibatannya secara aktif dalam suatu proses
belajar. Belajar aktif mengandung berbagai kiat yang berguna untuk menumbuhkan
kemampuan belajar aktif pada diri anak didik dan menggali potensi anak didik
beserta pendidik untuk sama-sama berkembang dan berbagi pengetahuan,
keterampilan, serta pengalaman
Pandangan ini diperkuat oleh Oemar Hamalik (1990: 175) bahwa belajar yang efektif jika kegiatan belajar itu diarahkan pada upaya bagi individu untuk dapat bekerja, melakukan tugas-tugas pekerjaan dalam bidang pekerjaan tertentu.
Pembelajaran dengan berbuat (Learning by Doing) direncanakan dengan mengatur waktu dan tempat secara khusus untuk tiap kompetensi. Pembelajaran ditekankan pada demontrasi/studi kasus nyata dan pembelajaran yang sistematis untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak didik sesuai dengan situasi dan kondisi di dunia kerja.
Pendekatan pembelajaran ini sama halnya dengan implemetasi konsep atau makna dari "learning by teaching" / "belajar dengan mengajar" karena dengan mengajar pendidik tetap mengasah kemampuannya dan akan memunculkan hal-hal baru baginya untuk diteliti serta memupuk pengalaman dan ilmu baru untuk diajarkan kembali ke anak didiknya.