how to make something
lbd 2
Belajar aktif atau Learning by Doing merupakan teori Dewey by Doing (1859-1952). Dewey merupakan pendiri Dewey School yang menerapkan prinsip-prinsip “Learning by Doing”, yaitu bahwa anak didik perlu terlibat dalam proses belajar secara langsung/praktek. Dari rasa keingintahuan anak didik terhadap sesuatu yang belum diketahuinya mendorong keterlibatannya secara aktif dalam suatu proses belajar. Belajar aktif mengandung berbagai kiat yang berguna untuk menumbuhkan kemampuan belajar aktif pada diri anak didik dan menggali potensi anak didik beserta pendidik untuk sama-sama berkembang dan berbagi pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman

Pandangan ini diperkuat oleh Oemar Hamalik (1990: 175) bahwa belajar yang efektif jika kegiatan belajar itu diarahkan pada upaya bagi individu untuk dapat bekerja, melakukan tugas-tugas pekerjaan dalam bidang pekerjaan tertentu. 

Pembelajaran dengan berbuat (Learning by Doing) direncanakan dengan mengatur waktu dan tempat secara khusus untuk tiap kompetensi. Pembelajaran ditekankan pada demontrasi/studi kasus nyata dan pembelajaran yang sistematis untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak didik sesuai dengan situasi dan kondisi di dunia kerja.

Pendekatan pembelajaran ini sama halnya dengan implemetasi konsep atau makna dari  "learning by teaching" / "belajar dengan mengajar" karena dengan mengajar pendidik tetap mengasah kemampuannya dan akan memunculkan hal-hal baru baginya untuk diteliti serta memupuk pengalaman dan ilmu baru untuk diajarkan kembali ke anak didiknya.
*** Dunia industri dan usaha ingin diyakinkan selain prestasi akademik, mereka ingin tahu apakah anda kompeten atau tidak, dan secara legalitas sebagai lulusan perguruan tinggi semua itu tercabtum dalam SKPI ? "Clik here"
Print Friendly, PDF & Email